Menjadi Manusia yang Bermanfaat dan di Atas Rata-Rata


TintaSiyasi.com -- Sobat. Kegagalan, kemiskinan, ketidaknyamanan, kebodohan, kesengsaraan dan ketidakmapanan adalah paket saat Anda sedang dibentuk untuk memiliki keteguhan hati yang andal sehingga menjadi hati yang tangguh, mandiri, kuat, sabar dan bersyukur.

Termasuk juga di dalamnya kesuksesan, kebesaran, ketenaran, dan kesejahteraan adalah paket dari Allah untuk membentuk kualitas hati yang banyak bersyukur, tidak sombong dan baik hati.

Sobat. Menjadi bermanfaat adalah tujuan setiap manusia. Seseorang yang berhasil membangun masa depan dalam hidupnya adalah ketika ia dapat bermanfaat bagi sesamanya.

Sobat. Sang Rasulullah Muhammad SAW telah membuat koridor moral yang luar biasa universal. Dalam sabdanya dikatakan bahwa, "Manusia yang hebat adalah manusia yang bermanfaat bagi sesamanya."

Sobat. Dalam Bukunya The Heart of Islam , Sayed Husein Nasr mengatakan bahwa manusia di atas rata-rata memiliki tiga kitab yang harus dibaca, dipelajari, dan dipahami, yaitu : pertama. Kitab Suci. Kedua. Kitab sesama. Ketiga. Kitab Alam semesta. Ketiganya adalah kunci kita untuk memiliki kesimbangan dalam menciptakan kehidupan yang berkualitas.

Pertama. Kitab suci adalah pembimbing sekaligus pembeda buat kita yang senantiasa mencari kebenaran bukan pembenaran. Manusia di atas rata-rata adalah mereka yang senantiasa memiliki pedoman dalam hidupnya dengan kitab suci. Bukankah Al-Qur'an adalah pedoman hidup bagi manusia.

Kedua. Kitab sesama. Manusia adalah kitab yang harus dibaca oleh manusia lainnya. Kesalahan yang telah dilakukan oleh manusia adalah buku yang harus dibaca oleh kitab sebagai manusia di atas rata-rata. Sejak peradaban manusia dimulai sampai hari ini, mempelajari manusia tidak pernah ada habisnya.

Ketiga. Kitab alam semesta. Alam semesta adalah buku, kitab yang harus dipelajari dengan benar oleh manusia di atas rata-rata. Dalam kebesaran alam semesta yang luas, terdapat kebesaran-Nya, Kebesaran Ya Rahman Ya Rahiim. Mereka yang mampu berdamai dengan alam semesta, maka alam semesta akan berdamai dengannya.

Sobat. Dalam mempelajari hal tersebut di atas, manusia diberi instrumen oleh Allah yang dalam bahasa agama disebut Hidayah. Allah kasih hidayah gratis berupa 4 hidayah : pertama. Hidayah Akal. Kedua. Hidayah Tubuh (Panca Indera). Ketiga. Hidayah Naluri. Dan keempat. Hidayah Agama. Kalau ke-empat hidayah itu dipakai dengan baik dan maksimal maka Allah akan beri Hidayah taufik berupa keajaiban dan pertolongan dari Allah SWT.

Sobat. Orang Sukses selalu yakin bahwa Allah akan menolongnya dengan keyakinan 100 % bahwa Allah akan mengangkatnya dan memuliakannya. Itu tidak hanya di mulut, tetapi sudah tertanam di hatinya yang paling dalam.

Sobat. KIta adalah apa yang kita lakukan secara berulang-ulang. Keutamaan bukanlah sebuah tindakan, melainkan sebuah kebiasaan. Keberuntungan bukanlah yang utama. Dunia ini senantiasa merupakan sebuah tempat yang adil. Apa yang anda taburkan, itulah yang akan Anda tuai hasilnya. JIka mengalami kegagalan, anda memang perlu mengalami kegagalan itu. Kegagalan adalah satu langkah maju. Kegagalan adalah harga yang harus dibayar untuk sukses berikutnya.

Sobat. Orang sukses adalah orang biasa-biasa saja, tapi punya keteguhan hati yang luar biasa.

Sobat. Tidak ada yang bisa diraih tanpa usaha. Usaha dituntut untuk mencapai keadaan di mana ia tampak mudah. Ketika Anda belajar mencintai apa yang anda kerjakan, hal itu tidak lagi menjadi beban.

Sobat. Berikut ini tips untuk memperluas cakrawala pengetahuan Anda :

Pertama. Carilah buku yang benar-benar ada manfaatnya untuk anda.
Kedua. Bacalah buku selama 15 menit setiap harinya
Ketiga. Luangkan 5 menit terakhir untuk membuat catatan kesimpulan dari apa yang Anda baca.
Keempat. Berilah tanda bahwa apa yang Anda baca sangat penting.

Sobat. Rahasia orang-orang besar adalah suka merenung dan membaca buku. Pada saat membaca, dia bukan menjadi seorang master tapi justru menjadi seorang awam, pada saat kita menjadi orang awam yang rendah hati, maka ilmu Allah akan cepat sekali masuk ke dalam pikiran dan hati kita.

Salam dahsyat dan luar biasa! []


Oleh: Dr. Nasrul Syarif, M.Si.
Penulis Buku BIGWIN dan Buku Gizi Spiritual

Posting Komentar

0 Komentar